
Management
Apa yang dimaksud dengan management?
Manajemen adalah proses pengorganisasian, pengaturan, pengelolaan SDM, sampai dengan pengendalian agar bisa mencapai tujuan dari suatu kegiatan.
Management Menurut para ahli :
Menurut George R. Terry dalam Aditama (2020), manajemen adalah proses yang terdiri dari kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan guna mencapai tujuan yang ditetapkan melalui pemanfaatan SDM dan sumber lainnya.
Manajemen menurut Harold Koontz dan Cyril O’Donnell adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien.
Apa saja tugas management?
Tugas Manajemen: Peran, Keterampilan dan Tips
Menghadapi Perubahan yang Konstan.
Mengelola Konflik di Tempat Kerja.
Menangani Tugas dan Tanggung Jawab yang Beragam.
Mengatasi Kendala Sumber Daya.
Apa fungsi dari management?
Fungsi manajemen menurut Henry Fayol adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengawasan. Sementara itu, fungsi manajemen menurut George R. Terry sebenarnya hampir sama dengan versi Henry Fayol, tapi tidak melibatkan aspek pengarahan
Macam-macam Management :
Manajemen Strategis
Manajement Keuangan
Management Pemasaran
Buku yang direkomendasikan :
Strategy Mnagement 14Ed:Competitiveness & Globalization,Hitt, 9789815160604
Financial Mnagement 2Ed:Theory & Pratice,Koh, 9789814962650
Marketing Mangement ,16Ed,Kotler, 9781292404813
Economics
Apa yang dimaksud dengan Ekonomi?
Ekonomi adalah studi tentang kelangkaan dan implikasinya terhadap penggunaan sumber daya, produksi barang dan jasa, pertumbuhan produksi dan kesejahteraan dari waktu ke waktu, dan berbagai macam masalah rumit lainnya yang menjadi perhatian vital masyarakat.
Ekonomi menurut para ahli?
Menurut Lionel Robbins Economi adalah studi tentang bagaimana manusia menavigasi pertukaran dalam menggunakan sarana terbatas yang tersedia bagi mereka (misalnya waktu) untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan (misalnya pendapatan, waktu luang).
Menurut N. Gregory Mankiw dalam bukunya Principles of Microeconomics 5 Edition (2009) menyebutkan bahwa ekonomi adalah studi tentang bagaimana masyarakat mengelola sumber daya yang langka
Ekonomi dibagi menjadi 3 apa saja?
Ekonmi Makro yakni mempelajari perilaku perekonomian secara keseluruhan.
Ekonomi Mikro yakni mempelajari perilaku pereconomian secara individual seperti rumah tangga produsen atau konsumen.
Ekonomi Terapan yakni diterapkan dalam kehidupan nyata.
Apa itu ekonomi dan jenis-jenisnya?
Ekonomi mencakup berbagai hal mulai dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. Studi tentang keputusan individu disebut ekonomi mikro. Studi tentang ekonomi secara keseluruhan disebut ekonomi makro . Seorang ekonom mikro mungkin berfokus pada utang medis keluarga, sedangkan ekonom makro mungkin berfokus pada utang negara.
Jenisnya adalah Produksi,Distribusi dan Konsumsi
Macam-macam pelaku ekonomi, antara lain Koperasi,BUMN,Perusahan Jawatan dan Perusahaan.
Buku yang direkomendasikan :
Priciples of Economics,10Ed,Mankiw, 9789815119299
Principles of Macroeconomics,10Ed,Mankiw, 9789815119374
Economics,14Ed,Parkin, 9781292433639
Marketing atau Pemasaran
Apa yang dimaksud dengan marketing?
Marketing atau pemasaran adalah suatu proses strategis yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan segala kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produk atau jasa kepada konsumen.
Marketing atau Pemasaran menurut para ahli :
Philip Kotler Pemasaran adalah aktivitas sosial dan pengaturan yang dilakukan untuk meraih tujuan tertentu, utamanya dengan membuat produk serta menukarkannya.
William J. Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang mencakup perencanaan dan penentuan harga produk, beserta promosi dan distribusinya.
Tugas marketing itu apa?
Salah satu tugas utama dari marketing adalah melakukan promosi terhadap suatu brand menggunakan materi yang sudah dibuat sebelumnya. Jika audiens mengetahui tentang suatu brand atau produk, maka penjualan berpotensi ikut meningkat.
Fungsi Marketing
Fungsi utama dari marketing adalah meningkatkan pengetahuan konsumen tentang produk tertentu. Tujuannya agar saat hendak membeli sebuah produk, konsumen akan memiliki ingatan tentang produk tersebut sehingga memilih untuk membelinya dibandingkan produk lain yang sejenis.
Konsumen akan sengaja dibuat terbayang-bayang oleh sebuah merek, sehingga saat ingin membeli sesuatu konsumen akan langsung teringat akan merek tersebut. Inilah yang membuat marketing menjadi penting bagi sebuah usaha.
Buku yang direkomendasikan :
Marketing Mangement ,16Ed,Kotler, 9781292404813
Principles Of Marketing,19Ed,Kotler, 9781292449364
Digital Marketing:Strategy,Implementation & Practice,8ed,Chaffey, 9781292400969
Bisnis
Apa yang dimaksud dengan bisnis?
Bisnis adalah kegiatan di mana seseorang atau sekelompok orang membuat, menjual, atau menukarkan barang atau jasa dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Dalam bisnis, orang-orang berusaha menciptakan ide-ide baru dan mengembangkan produk atau layanan yang bermanfaat bagi orang lain.
Bisnis Menurut para ahli :
Bisnis menurut (Griffin dan Ebert, 2008) merupakan aktifitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. Dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan yang memilki badan hukum, perusahaan yang memiliki badan usaha, maupun perorangan yang tidak memilki badan hukum maupun badan usaha
Bisnis menurut Hughes dan Kapoor sendiri adalah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dengan tujuan mendapatkan keuntungan.
Tujuan Bisnis Adalah :
Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat juga termasuk dalam tujuan bisnis.
Memenuhi kebutuhan hidup dengan sebuah produk dan jasa
Meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum
Memberikan kesejahteraan bagi para pemilik faktor produksi dan masyarakat
Menjaga eksistensi perusahaan dalam jangka waktu panjang.
Jenis-Jenis Binis
Dikutip dari buku ‘Pendidikan ilmu Ekonomi dan Bisnis’ oleh Dr. Nanda Dwi Rizkia, S.H., M.H., dkk, berdasarkan kegiatan usahanya, jenis bisnis adalah sebagai berikut:
> Bisnis agraris adalah sektor usaha yang paling banyak ditemukan di Indonesia.
Bisnis ini mencangkup usaha contohnya pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan.
> Bisnis industri adalah aktivitas untuk menghasilkan barang dari pengolahan bahan baku, menjadi barang setengah jadi kemudian diolah lagi menjadi barang jadi. Bisnis sektor ini adalah kegiatan menghasilkan nilai tambah.
Contohnya usaha dalam sektor rumah tangga, sektor usaha kecil, sedang, dan besar.
Bisnis perdagangan adalah kegiatan utamanya melakukan transaksi jual berani barang untuk tujuan memperoleh laba. Uang jadi alat ukur dalam transaksi jual beli. Contohnya toko kelontong, kios, agen hingga distributor.
Bisnis jasa adalah usaha yang bergerak dibidang pelayanan. Usaha ini akan memberikan layanan yang dibutuhkan orang lain. Contohnya bimbingan belajar, rumah sakit, transportasi, hingga pelatihan.
Buku yang direkomendasikan :
Business Essentials,13Ed,Ebert, 9781292426938
Research Methods for Business,8Ed,Sekaran, 9781119683537
Business Communication Today,15Ed,Bovee, 9781292353142
Psikologi
Apa yang dimaksud dengan Psikologi?
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku, pikiran, dan proses mental manusia, serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Psikologi dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan, seperti memahami interaksi manusia dalam lingkungan sosial, atau mempelajari perilaku individu sesuai dengan status sosialnya
Psikologi menurut para ahli :
Menurut Richard Mayer (1981) Psikologi merupakan analisi mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia
Menurut Singgih Dirgagunarsa, definisi psikologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia
Apa itu ilmu psikologi dan manfaatnya?
Disiplin ilmu ini meneliti alur pemikiran manusia dan alasan di balik perilaku dan tindakan tersebut. Ilmu psikologi ini sering kali dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah atau mencari solusi tepat dalam serangkaian aktivitas manusia yang kompleks.
Apa sajakah tujuan psikologi?
Empat tujuan utama psikologi adalah untuk mendeskripsikan, menjelaskan, memprediksi, dan mengendalikan perilaku dan proses mental.
Apa fungsi psikolog?
Psikolog berperan untuk mendiagnosis, melakukan pencegahan, mencari tahu penyebab gangguan kesehatan mental yang dialami oleh pasien. Namun, seorang psikolog memiliki peran yang cukup mendalam untuk melakukan pencegahan, mendiagnosis, dan mengetahui penyebab seseorang mengalami gangguan pada kesehatan mental.
Buku yang direkomendasikan :
Theories of Personality,10Ed,Gregory J.Feist,9781260575446
Health Psychology,10Ed,Edward P.Sarafino,9781119577805
The Science of Psychology,6Ed,Laura A.King,9781265200220
Experience Human Development,15Ed,Diane E.Papalia,9781266120909
Akuntansi
Apa pengertian dari akuntansi?
Akuntansi adalah sistem atau proses yang mencatat, mengelompokkan, meringkas, menganalisis, dan menyajikan informasi keuangan suatu entitas. Dalam hal ini, entitas bisa berupa perusahaan, organisasi, atau individu.
Akuntansi Menurut para ahli :
Menurut Donald E. Kieso, akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran transaksi keuangan.
Menurut Financial Accounting Standards Board (FASB), akuntansi adalah kegiatan jasa yang menyediakan informasi kuantitatif untuk pengambilan keputusan ekonomi.
Menurut Profesor Kieso, Weygandt, dan Warfield, akuntansi adalah sistem informasi yang mengukur, menganalisis, dan melaporkan informasi keuangan
Tujuan Akuntansi
Tujuan utama akuntansi adalah untuk mencatat, mengumpulkan, menyajikan informasi yang berkaitan dengan keuangan, dan aliran kas dalam suatu perusahaan. Berikut penjelasannya.
Jenis Akuntasi
Akuntansi Pebankan
Akuntansi Pemerintah
Akuntansi Anggaran
Sistem Akuntansi
Budgeting
Akuntansi Perpajakan
Akuntansi Manajemen
Akuntansi Keuangan
Akuntansi Biaya
Akuntansi Pemeriksaan
Fungsi Akuntansi :
Akuntansi membantu dalam merencanakan pertumbuhan bisnis melalui laporan untuk mengukur kesehatan keuangan dan mencapai tujuan pertumbuhan.
Akuntansi memudahkan perusahaan dalam akses ke pinjaman dalam hal ini, laporan keuangan terkini diperlukan untuk mengamankan pinjaman.
Penerapan akuntansi yang baik dan catatan keuangan tepat dapat menjadi daya tarik untuk investor atau pembeli potensial terhadap perusahaan.
Akuntansi membantu mengelola piutang usaha, sehingga memungkinkan pelacakannya terjadi secara efisien dan penerimaan pembayaran tepat waktu.
Manfaat Akuntansi :
Akuntansi membantu menyusun informasi keuangan dan mencegah kelalaian akan lalu lintas uang yang dimiliki.
Dengan mencatat, kita dapat merencanakan masa depan keuangan kita dan menghindari keputusan finansial yang buruk.
Akuntansi memberikan bukti kuat dalam hal transaksi keuangan, dan membantu mempertanggungjawabkan keuangan saat dibutuhkan.
Akuntansi membantu dalam mengatur keuangan keluarga sehingga lebih terkontrol.
Buku yang Direkomendasikan :
Intermediate Accounting IFRS,5Ed,Kieso, 9781394276028
Financial Accounting IFRS,5Ed,Wegandt, 9781119787051
Accounting Principles IFRS, Wegandt, 9781119419617
Finance
Apa Pengertian dari Finance?
Finance adalah bidang studi dan praktek yang terkait dengan pengelolaan uang, aset, investasi, dan sumber daya keuangan lainnya. Finance melibatkan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pengelolaan dana, alokasi sumber daya keuangan, pengelolaan risiko, serta pengadaan dan penggunaan modal.
Finance adalah bidang yang berkaitan dengan keuangan, termasuk:
Basic finance: Pengetahuan dan keterampilan dasar tentang keuangan, seperti konsep aset, utang, ekuitas, pendapatan, dan biaya.
Financing: Proses menyediakan dana atau sumber daya keuangan untuk membiayai aktivitas atau proyek tertentu.
Perusahaan finance: Badan usaha yang menyediakan layanan pembiayaan produk atau jasa.
Finance staff: Orang yang berperan penting dalam menangani keuangan perusahaan.
Finance Menurut Para Ahli :
Menurut (Ridwan dan Inge, 2003) Keuangan Merupakan Ilmu dan seni dalam mengelola uang yang mempengaruhi kehidupan setiap organisasi. Keuangan berhubungan dengan proses, lembaga, pasar, dan instrument yang terlibat dalam transferuang diantara individu maupun antara bisnis dan pemerintah.
Tugas dan tanggung jawab finance, antara lain:
Melakukan penginputan transaksi keuangan ke dalam program
Melakukan transaksi keuangan perusahaan
Melakukan pembayaran kepada supplier
Berhubungan dengan pihak internal maupun eksternal terkait dengan aktivitas keuangan perusahaan
Apa beda finance dan accounting?
Jika dilihat dari bidang pekerjaannya, finance memiliki jangkauan waktu yang lebih panjang karena bertugas memproyeksikan masa depan perusahaan. Sedangkan accounting bekerja dengan berkonsentrasi pada kondisi keuangan perusahaan yang ada saat ini atau terkini.
Buku yang Direkomendasikan :
Corporate Finance,13Ed,Ross, 9781265533199
Finance For Executives,6Ed,Hawawini, 9781473749245
Fundamentals of Corporate Finance,5Ed,Parrino, 9781119795445
Entrepreneurship
Apa pengertian dari Entrepreneurship?
Entrepreneurship adalah proses memulai dan mengelola bisnis dengan cara inovatif dan kreatif. Istilah ini juga dikenal sebagai kewirausahaan.
Apa itu entrepreneurship menurut ahli?
Menurut Eddy Soeryanto Soegoto kewirausahaan adalah usaha kreatif yang dibangun berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberi manfaat, menciptakan lapangan kerja, dan hasilnya berguna bagi orang lain.
Menurut Thomas W. Zimmerer (2008) entrepreneurship (kewirausahaan) adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.
Entrepreneurship memiliki beberapa ciri, yaitu:
Memiliki keyakinan untuk mengubah dunia menjadi lebih baik
Suka berinovasi dan menemukan ide-ide baru
Mendirikan organisasi, lembaga, atau perusahaan sendiri
Berani mengambil risiko untuk mewujudkan ide dan inovasinya
Tujuan entrepreneurship Tujuan dari entrepreneurship terdiri dari:
Mengelola sumber daya
Mengembangkan potensi seorang entrepreneur
Mengurangi pengangguran
Mengurangi tingkat kemiskinan
Meningkatkan ekonomi
Menghadirkan kesejahteraan
Manfaat dari entrepreneurship adalah :
Peluang mengendalikan nasip sendiri
Peluang melakukan perubahan
Peluang untuk mencapai potensi sepenuhnya
Peluang meraih keuntungan tanpa batas
Peluang berperan dalam masyarakat dan mendapat pengakuan atas usaha
Peluang melakukan sesuatu yang disukai dan bersenang-senang dalam pengerjaannya.
Buku yang direkomendasikan :
Innovation and Entrepreneurship,4Ed,Bessant,9781394219704
Entrepreneurship,12Ed,Hisrich,9781266264139
Entrepreneurship : Theory,Process,Practice,Kuratko,9789814846073
Komputer
Apa pengertian dari Komputer?
Komputer adalah alat elektronik yang dapat memproses data, melakukan perhitungan, dan mengeksekusi program. Komputer terdiri dari beberapa komponen, yaitu:
Perangkat keras (hardware): Komponen fisik yang dapat disentuh, dilihat, dan dipindahkan, seperti processor, RAM, harddisk, motherboard, dan CPU
Perangkat lunak (software): Sistem operasi dan aplikasi yang dimasukkan ke dalam hardware dan bekerja sesuai perintah pengguna
Pengguna komputer (brainware): Pemakai atau operator komputer
Menurut Para Ahli Komputer adalah :
Robert H. Blissmer
Komputer adalah benda elektronik yang dapat menerima input, memprosesnya sesuai perintah, menyimpan perintah, dan mengelola hasilnya.
Donald H. Sanders
Komputer adalah sistem elektronik yang dapat memanipulasi data secara cepat dan tepat.
Apa itu komputer dan fungsinya?
Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan komputer adalah satu set peralatan elektronik yang memiliki kemampuan dalam meng-inputdata dan mengolahnya sesuai kebutuhan pengguna, serta menghasilkan keluaran berupa informasi dalam berbagai tampilan, seperti teks, gambar, audio, video, maupun audio-visual.
Apa fungsi komputer?
“Komputer adalah perangkat pengolah data yang menjalankan empat fungsi utama: input, proses, output, dan penyimpanan ” 2. Pada dasarnya ada empat fungsi dasar komputer – input, penyimpanan, pemrosesan, dan output.
Manfaat komputer yang sangat memudahkan manusia yaitu seperti mengolah data, mempercepat pekerjaan, mengirim informasi, mencetak dokumen penting, hingga melakukan komunikasi dengan pihak tertentu yang memiliki hubungan dengan perusahaan.
Apa tujuan komputer diciptakan?
Melansir dari kompas.com, pada awalnya, komputer memang diciptakan sebagai sebuah alat hitung yang dapat membantu mempermudah perhitungan. Namun, seiring berjalannya waktu, komputer yang semakin canggih tentu menjadi alat serba bisa yang dapat membantu penggunanya dalam berbagai hal.
Apa saja manfaat dari komputer?
Beberapa manfaat komputer yang bisa kamu rasakan dengan menggunakan komputer ini adalah bisa mengolah data, mempercepat pekerjaan, berkirim informasi, mencetak dokumen penting, hingga berkomunikasi dengan orang penting yang berhubungan dengan perusahaan.
Buku yang direkomendasikan :
Information Technology For Management,12Ed,Turban,9781119802525
C How To Program,9Ed,Deitel,9781292437071
E-Commerce 2023-2024,8Ed,Laudon,9781292449722
Human Resource Management(HRM)
Apa pengertian dari Human Resource Management?
Human Resource Management (HRM) adalah sistem yang digunakan untuk mengatur sumber daya manusia (SDM) di dalam sebuah perusahaan. HRM bertujuan untuk memaksimalkan kinerja setiap individu agar tujuan bersama dapat tercapai.
Menurut Para Ahli Human Resource Management (HRM) adalah?
Gary Dessler
Menurut Gary Dessler, Human Resource Management adalah proses memperoleh, melatih, menilai, dan memberi kompensasi kepada karyawan, dan memperhatikan hubungan kerja mereka, masalah kesehatan, keselamatan, dan keadilan.”
Ricky W. Griffin
MSDM adalah serangkaian kegiatan organisasi yang diarahkan untuk menarik, mengembangkan, dan mempertahankan tenaga kerja yang efektif.
Beberapa fungsi HRM adalah:
Perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan, dan pemeliharaan SDM
Menyusun suatu organisasi dengan mendisain struktur dan hubungan antara tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh tenaga kerja
Apa itu strategi HRM?
Departemen Human Resources dapat dikatakan juga sebagai human resources Management (HRM) merupakan departemen yang berhubungan dengan pengembangan dan pelatihan karyawan. Hal ini sejalan dengan Armstrong (2016:7) yang mengatakan bahwa HRM adalah sebuah strategi, pendekatan yang jelas dan terintegrasi terhadap karyawan.
Human resource management apa saja?
Human Resource Management System mempunyai 6 buah aktivitas utama, yaitu:
• Employment Management.
• Performance Management.
• Career Development Management.
• Reward Management.
• Employee Relations Management.
• Termination System.
Buku yang direkomendasikan adalah :
Fundamentals of Human Resource Management,5Ed,Dessler,9781292261904
Human Resource Management,17Ed,Dessler,9781292449876
Managing Human Resource,18Ed,Snell,9780357033814
Organizational behavior (OB)
Apa pengertian dari Organizational behavior (OB)?
Organizational behavior (OB) atau perilaku organisasi adalah studi tentang bagaimana individu, kelompok, dan organisasi berinteraksi dan memengaruhi satu sama lain. OB merupakan ilmu terapan yang mempelajari perilaku manusia dalam organisasi, dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan kerja, produktivitas, dan efektivitas organisasi.
Menurut para ahli Organizational behavior adalah :
Robbins dan Judge (2015)
OB adalah teori yang berusaha memahami peran individu, kelompok, dan organisasi terhadap perilaku dalam organisasi
Forbes Advisor INDIA
OB adalah studi tentang bagaimana individu dan kelompok berinteraksi dalam suatu organisasi dan bagaimana interaksi ini memengaruhi kinerja organisasi.
OB mencakup elemen-elemen seperti:
Retensi karyawan, Keterlibatan, Pelatihan, Budaya, Kepuasan kerja, Komitmen organisasi, Kerja emosional.
OB merupakan ilmu pengetahuan yang baru muncul dan berasal dari kontribusi ilmu-ilmu pengetahuan lainnya seperti psikologi, psikologi sosial, sosiologi, dan antropologi.
Dalam dunia bisnis, OB digunakan untuk memahami dan mengelola sekelompok orang secara lebih efektif. Dengan OB, organisasi dapat meningkatkan kinerja karyawan dan menciptakan lingkungan kerja yang positif.
Manfaat mempelajari perilaku organisasi adalah:
• Mengetahui perilaku setiap individu atau kelompok
• Mengetahui dampak yang mungkin ditimbulkan dari perilaku tersebut
• Mengetahui dan memotivasi kepuasan setiap individu atau kelompok terhadap perusahaan atau manajemen
3 Apa tiga tingkat analisis dalam model organization behaviour?
Faktor individual, kelompok dan organisasional merupakan tiga tingkatan analisis untuk memahami perilaku manusia dalam organisasi. Buku ini merupakan kontribusi penulis dalam memperkaya literatur Manajemen dan Organisasi. mengedit naskah dan layout-nya.
Apa saja tiga tingkat perilaku organisasi?
Model OB yang paling diterima secara luas terdiri dari tiga tingkatan yang saling terkait: (1) mikro (tingkat individu), (2) meso (tingkat kelompok), dan (3) makro (tingkat organisasi) . Ilmu perilaku yang membentuk bidang OB menyumbangkan elemen pada masing-masing tingkatan ini
Buku Yang direkomendasikan adalah :
Organizational Behavior,19Ed,Robbins,9781292450025
Organizational Behavior,3Ed,Uhl-Bien,9781119889656
Organizational Behavior,8Ed,Colquitt,9781265049409
Leadership
Apa pengertian dari Leadership?
Leadership atau kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi, memotivasi, dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Leadership merupakan keterampilan yang penting di dunia yang saling terhubung, terutama di organisasi dan perusahaan
Menurut para ahli Leadership adalah :
Menurut George R.Terry dalam bukunya Principle of Management yang dikutip oleh Dr.Kartini Kartono dalam bukunya Pemimpin dan Kepemimpinan berkata kepemimpinan adalah kegiatan mempengaruhi orang-orang agar mereka suka berusaha mencapai tujuan-tujuan kelompok.
Menurut William G.
Pengertian kepemimpinan adalah proses memengaruhi kegiatan yang diselenggarakan dalam kelompok, dalam upaya mereka untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
Leadership mencakup berbagai gaya kepemimpinan yang dapat disesuaikan dengan situasi dan konteks yang dibutuhkan. Beberapa contoh gaya kepemimpinan, di antaranya:
• Demokratis, yaitu pemimpin membuat atau menolak keputusan berdasarkan pendapat anggota tim
• Otokratis, yaitu pemimpin mengharapkan orang lain untuk mematuhi keputusan yang diambil
• Laissez-faire, yaitu pemimpin memastikan bahwa otoritas terletak pada anggota
• Strategis, yaitu pemimpin bertindak sebagai jembatan antara tim senior dan junior
Beberapa sikap atau kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik, di antaranya:
• Jujur dan adil
• Bertanggung jawab terhadap setiap keputusan
• Menghargai pendapat orang lain
• Mampu menerima saran dan kritik
• Berani mengambil keputusan
• Memiliki target dan tujuan yang jelas
• Menginspirasi dan memotivasi
• Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
Sikap leadership itu apa?
Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai tujuan bersama. Kepemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya.
Buku yang direkomendasikan adalah :
Leadership,10Ed,Hughes,9781265107888
Leadership:theory & Practice,8Ed,Northouse,9781544331942
Studying Leadership,2Ed,Edwards,9781473958616